RESEP MEMBUAT KINOKO GOHAN YANG LEZAT


RESEP MEMBUAT KINOKO GOHAN YANG LEZAT, Di saat musim gugur banyak sekali jamur-jamur yang tumbuh. Makanan ini khas negara jepang, Masakan ini jarang kita dengar dan lihat, cara membuatnya sangat mudah. Masakan ini biasanya di hidangkan pada saat musim gugur tiba.

Bahan-Bahan Kinoko Gohan :
  • 300 gr beras, menggunakan beras jepang atau pulen
  • 100 gr jamur shimeji
  • 2 jamur shitake
  • 80 gr ubi
  • 50 gr wortel
  • 2 sendok makan kecap asin jepang atau shoyu
Cara Membuat Kinoko Gohan :
  1. Cuci beras. Masukan 300 gr beras kedalam saringan dan celupkan kedalam semangkuk air. Gunakan tangan untuk mengaduk butir beras beberapa kali. Angkat saringan dari mangkuk berisi air dan remas butiran beras dengan tangan di dalam saringan. Lakukan sampai 10 kali. Ganti air di dalam mangkuk dan masukan lagi saringannya untuk membilas beras. Jika sudah berwarna putih susu dan bilas beras sekali lagi. Angkat saringan dari mangkuk, lalu tiriskan beras selama 10 menit.
  2. Masukan beras kedalam panci berisi 400 ml air dan rendam selama 30 menit agar airnya meresap sampai ke bagian tengan butir beras.
  3. Potong dan buang bagian ujung batang jamur shimeji, lalu pisahkan. Potong dan buang batang jamur shutake, potong bagian payungnya dengan ukuran strip tipis selembar 5 mm. Tempatkan jamur di dalam saringan dan bilas dengan cepat lalu goyang saringannya untuk membuang air yang berlebihan.
  4. Cuci ubi secara merata. Potong  bundar dengan ketebalan 1 cm dan kemudian potong dadu ukuran 1 cm., lalu rendam di dalam air agar tidak berubah warna.
  5. Kupas wortel dan potong-potong dengan ukuran 4 cm lalu iris memanjang menjadi strip-strip tipis. Tumpuk potongan strip wortel dan mulai dari ujung diiris lebih tipis lagi.
  6. Aduk-aduk sendok makan kecap asin jepang dengan beras di dalam panci. Kemudian letakan sayuran dan jamur di atas beras. Jangan di aduk. Tutup panci dan rebus di atas api sedang.
  7. Ketika sudah mendidih dan keluar uap dari pinggiran tutup panci, diamkan dulu selama 30 detik, lalu kecilkan apinya dan tanak lagi selama 12 menit. Jangan buka tutup pancinya dalam proses ini.
  8. Setelah 12 menit matikan apinya. Tetap tutup pancinya dan biarkan selama 10 menit. Baru kemudian angkat tutupnya dan gunakan spatula kayu basah untuk mengaduk beras yang kini sudah menjadi nasi dalam putaran besar sebanyak tiga kali, pastikan adukan mencapai bagian dasar panci. Makanan siap dihidangkan dan di sajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Sup Ikan Jantung Pisang Khas Palu

Keripik Labu Kuning

Resep Cara Membuat Chow Mien (Mie kering cina) Yang Lezat